Header Ads

Cara Mudah Melihat Apakah Google Menganggap Halaman Suatu Website Relevan dengan Kata Kunci Yang Ditarget

Aan Web - Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai, bagaimana menentukan apakah sebuah halaman web relevan dengan kata kunci yang ditargetkan, dan bagaimana jika halaman tersebut tidak relevan.

cara mencari relevan keyword


Dalam membuat website atau blog, kita ingin selalu mencapai rangking terbaik, akan tetapi ada kalanya hal itu sulit sekali untuk dilakukan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa kita susah untuk menaikkan rangking tersebut. Kadang sepertinya Google tidak tertarik untuk merangking website atau blog dengan queri target tersebut.

Kadang semua itu bisa membuat kita frustasi, mengapa artikel yang sudah dibuat dengan mengoptimalkan kata kunci target serta frasa yang disarankan untuk bisa menduduki rangking tertinggi tetap seperti tidak berefek.g

Kadang akan lebih baik bila mengejar frase atau kata kunci yang kita tahu mempunyai kesempatan lebih baik dibanding keyword target. Dan artikel kali ini akan membahas faktor apa saja yang mempengaruhi Google untuk menentukan halaman website kita relevan dengan kata kunci yang ditarget.

Membuat halaman website saja tidaklah cukup


Bukan hanya karena kita mempunyai halaman web yang menargetkan frasa kata kunci tertentu atau topik tertentu, akan membuat halaman web tersebut bisa menduduki peringkat terbaik. Singkatnya, kita tidak tahu apakah Google "peduli" dengan itu.

Mari kita lihat konteksnya:

Kita ingin menduduki peringkat tertinggi untuk specific keyword tertentu, tapi sayangnya gagal. Google memberikan peringkat lebih baik untuk konten kompetitor kita di hasil pencarian (SERPs). Apakah kamu ingin tahu bagaimana Google menganggap suatu halaman web itu relevan dengan keyword yang ditargetkan? OK, sekarang kita mempunyai pertanyaan besar, mari kita bahas bersama!

Analisa peringkat


Salah satu cara terbaik untuk melihat potensi peringkat halaman web adalah dengan melihat siapa saja yang sudah mempunyai peringkat terbaik untuk topik tersebut. Ini terdengar sederhana sekali, tapi kita akan mengupas sedikit lebih dalam daripada hanya sekedar melihat kata kunci teratas.

Dalam hal ini sebaiknya kita mengggali wawasan lebih dalam untuk melihat apa yang bisa kita dapatkan, bukan hanya melihat apa yang kita ingin raih, dan melihat susunan kata-kata dalam frase yang kita dapatkan tersebut.

Langkah pertama adalah mencari frase yang ingin kita rangking

cara membaca data semrush


Setelah kita memiliki data dasar untuk frase yang ingin kita rangking, langkah selanjutnya adalah memanipulasi data tersebut untuk menemukan kumpulan kata kunci tambahan.

Kita hanya akan fokus pada kata kunci atau frasa pada situs kita yang mempunyai rangking sepuluh besar saja, dan kemudian menghitung jumlah semua kata kunci yang mengandung kata kuncai atau frasa tersebut.

Katakanlah kita ingin merangking untuk kata kunci “manufacturer’s blue widgets”, maka hasilnya seperti ini:

cara download data semrush

Sekarang, ulangi proses tersebut untuk melihat rangking yang diperoleh kompetitor untuk target frase "manufacture's blue widgets". Jika sudah selesai, maka akan terlihat seperti ini:

cara mudah mencari keyword dengan semrush


Pada titik ini, kita memiliki banyak informasi yang memberi tahu apa pendapat Google tentang situs kita, yey or ney?

Apakah muncul beberapa frasa yang terkait? Jika ya, maka kata kunci target kita mungkin cukup memungkinkan untuk kita rangking, walaupun tidak muncul di posisi 50 besar untuk target kata kunci tersebut. Jika kita ingin merangking kata kunci terkait, paling tidak Google sudah menganggap kalau halaman situs kita relevan.

Skenario #1, Kita butuh bantuan


Sepertinya data yang ditunjukkan di atas masih kurang lengkap. Coba perhatikan bagaimana situs di sebelah kiri hanya mempunyai peringkat untuk kata kunci yang menyertakan nama merek perusahaan.

Hal ini tidak baik, karena kita mencoba untuk merangking kata kunci “manufacturer’s blue widgets” dan istilah tersebut tidak kita temukan. Berarti Google menganggap situs tersebut tidak menyamakan dengan target kata kunci kita. Wew...!

Jik tidak melihat kata kunci target kita muncul di hasil pencarian, mungkin menjadi pertanda kalau kata kunci tersebut akan sulit untuk dirangking. Kita mempunyai masalah pada konten utama yang terkait dengan ata kunci target atau masalah otoritas umum yang terkait dengan area topik.

Skenario # 2 jauh lebih baik


Mari kita lihat skenario di mana prospek kita lebih baik:

semrush tutorial


Dat menunjukkan bahwa kita dalam kondisi lebih baik, dan prospek kita cukup baik.

Tuning and Tweaking


Jika kita menemukan beberapa peringkat untuk sejumlah kata kunci terkait, langkah selanjutnya cukup mudah. Kita harus melihat bagaimana mengaitkan  konten sejenis yang masih berhubungan dengan meningkatkan kedalaman konten pendukung di halaman lain di dalam situs kita.

Mungkin juga perlu melakukan Public Relations (PR) atau membangun backlink untuk mensupport situs kita sebagai sumber yang relevan. Ruang lingkup dari upaya tesebut merupakan salah satu cara untuk mentuning dan tweaking, bukan merombak total.

Kapan kita perlu melakukan perombakan


Jika kita tidak bisa menemukan kata kunci terkait yang bisa dirangking, langkah-langkah yang perlu kita lakukan pada dasarnya sama dengan tuning dan tweaking, tapi dengan intensitas yang lebih tinggi. Kita memerlukan perombakan karena Google menganggap halaman situs kita tidak relevan dengan kata kunci/frase yang ditargetkan.

Itu artinya program tersebut membutuhkan biaya lebih banyak untuk mengeksekusi, dan tentunya akan memakan waktu lebih lama sampai benar-benar menunjukkan hasil. Jika kita tidak mempunyai anggaran serta kesabaran untuk melakukan hal tersebut, kita mungkin pelu mempertimbangkan target kata kunci yang berbeda.

Perkiraan biaya


Mari kita menempatkan diri dalam sudut pandang dan melihat skenario apa saja yang mungkin dalam pengeluaran biaya.

Dalam skenario pertama, di mana kita menemukan bahwa ternyata tidak ada satu kata kunci pun yang dianggap relevan oleh Google, makan hal tersebut akan membutukan biaya yang sangat besar. Dan kemugkinan kita harus membuat campaign selama 10 sampai 12 bulan untuk melihat hasilnya.

Dalam skenario kedua, kita hanya bisa merangking beberapa kata kunci yang ditargetkan, maka biaya yang akan kita perlukan akan lebih sedikit. Untuk seting campaign mungkin kita hanya perlu wwaktu tiga hingga empat bulan untuk mendapatkan hasil.

Analisa ini sebenarnya cukup sederhana, tapi efeknya sangat besar. Saat Google menghubungkan kata kunci ke halaman situs kita, biaya optimasi mesin pencari (SEO) kita akan semakin rendah.

Dengan fokus pada kata kunci apa saja yang telah kita rangking, memungkinkan kita untuk menekan biaya jasa SEO, dan fokus pada taktik selanjutnya untuk mencapai tujuan yang ingin kita raih.

https://searchengineland.com/an-easy-way-to-see-if-google-thinks-your-webpages-are-keyword-relevant-292079

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.