Tips Membuka Usaha Yang Menguntungkan

peluang bisnis untung besar
Meskipun tujuan utama ketika membuka usaha adalah mencari keuntungan, namun ternyata ada banyak pengusaha pemula yang pada akhirnya mengalami kebangkrutan. Membuka usaha kecil-kecilan pun ada kalanya seseorang lebih sering tekor dibanding meraih keuntungan. Ada banyak hal yang menyebabkan masalah tersebut. Yang paling penting Anda selalu bersemangat untuk terus mau menjalankan usaha tersebut, tidak menyerah meskipun Anda sering mengalami kerugian usaha.

Kerugian ketika kita pertama kali membuka usaha memang hal yang wajar, namun bila itu terjadi berkali-kali, maka tentunya akan membuat Anda menjadi malas mengembangkan usaha, bahkan bisa jadi Anda berhenti menjalankan usaha tersebut. Orang yang sering tekor biasanya akan sedikit trauma untuk membuka usaha baru kembali. Bagaimana caranya agar ketika membuka usaha bisa untung dan jarang mengalami kerugian?

Berikut ini diberikan tips ringan untuk para pebisnis mula yang takut mengalami kerugian dalam membuka usaha:

  • Perhitungan yang matang akan modal dan berapa keuntungan yang akan diperoleh. Hal ini biasanya sering dialami oleh para pemilik bisnis usaha di bidang jasa seperti jasa percetakan buku, advertising dan sebagainya yang membutuhkan perhitungan yang matang di awal. Kesalahan dalam perhitungan antara modal dan harga yang Anda berikan pada konsumen akan membuat Anda bisa jadi mengalami ketekoran. Ini disebabkan karena Anda sendiri yang kurang teliti dalam menghitung dan merencanakan. Bahkan terkadang banyak pengusaha pemula yang ketika membuka usaha sudah berani mencampur antar uang pribadi dan uang usaha. Sekalipun usaha anda masih kecil namun alangkah baiknya anda harus memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan yang berasal dari usaha anda. Hal sederhana tersebut bisa menentukan usaha anda akan bisa memberikan keuntungan dalam waktu cepat.
  • Jangan terlalu mahal dalam memberikan harga jual. Ada banyak pebisnis yang bertahan dengan harga yang mahal namun akhirnya penjualan menjadi sedikit. Tak masalah Anda mendapatkan keuntungan yang sedikit namun modal bisnis terus berputar dan Anda menjadi bersemangat untuk menjalankan bisnis usaha. Sebagai pengusaha pemula kesalahan dalam menentukan harga jual terkadang bisa juga terjadi, anda tidak boleh malu untuk mengkoreksi harga jual. Bisa jadi ada beberapa item barang yang kemahalan lalu anda turunkan harganya, begitu juga sebaliknya. Paling penting bagi pengusaha pemula harus tahu perhitungan dalam mengambil keuntungan yang benar, selain mengerti harga pokok penjualan, kita juga harus bisa menghitung biaya pengeluaran lain-lain. Sehingga kita bisa menentukan harga jual dan mencari keuntungan yang wajar. Karena ingat, usaha anda masih baru dan anda butuh cashflow/perputaran modal sehingga produk-produk yang anda jual selalu bertambah varian/jenisnya
  • Kreatif dalam mencari pasar konsumen. Ketika anda membuka usaha baru, jangan memaksakan suatu pasar bila sudah jelas mereka tidak merespon, tapi carilah lahan-lahan pasar lain yang mungkin tidak Anda sangka. Jangan berhenti mencari pasar-pasar yang potensial. Misalnya saja, anda bisa perluas jangkauan pemasaran produk/jasa anda melalui internet. Sehingga dengan demikian potensi agar produk/jasa anda bisa lebih cepat dikenal oleh target market anda. Sebagai pengusaha pemula kita memang harus siap jika usaha yang dirintis tidak selalu memberikan keuntungan apalagi jika masih di awal-awal membangun usaha. Siapa orangnya yang tak mau usaha selalu untung dalam menjalankan usaha? Keuntungan yang diraih akan membuat seseorang menjadi  terus bersemangat dalam membuka usaha yang baru lainnya.

Paling tidak 3 tips diatas bisa membuat anda selalu pengusaha pemula lebih cermat dalam membuat rencana kerja, dengan kontrol yang ketat dan proses yang terus menerus, saya yakin usaha anda akan bisa memberikan keuntungan yang terus menerus meningkat.

So, apakah anda berani membuka usaha?

Metode pemasaran bisnis berkembang sesuai zamannya. Penggunaan fasilitas online, semakin populer dan diterapkan oleh pebisnis skala kecil, menengah maupun atas. Keefektifannya dianggap mampu mendatangkan keuntungan yang besar. Apakah anda pernah melihat puluhan bahkan ratusan orang sedang mengantri untuk mendapatkan pekerjaan dari suatu perusahaan? Saat ini keterbatasan dana seringkali membuat orang menjadi malas.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

EnglishCafe.Co - Kursus Bahasa Inggris di Jogja Terbaik Paling Recommended

Selamat datang di Aan Web Blog ... kali ini saya ingin mereview sebuah lembaga kursus bahasa Inggris di Jogja , yaitu English Cafe. Namun...

Entri Populer

Follow by Email