Tips Jitu Cara Mencegah Kebangkrutan Bisnis

Siapa orangnya yang mau bangkrut dalam menjalankan bisnis atau usaha? Banyak orang siap untuk sukses, namun sedikit yang mampu bertahan menghadapi masa-masa sulit kebangkrutan bisnis. Kebangkrutan bisnis akan memberikan banyak efek buruk bagi pelakunya, diantaranya adalah malas berusaha kembali, stress, banyak hutang, bahkan bagi mereka yang kurang iman dengan unit usaha yang sudah besar, bisa jadi akan bunuh diri setelah mengalami kebangkrutan bisnis.

Bagaimana caranya agar para pebisnis mula memahami strategi bisnis untuk mencegah kebangkrutan bisnis ? Anda harus mengetahui bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk mengantisipasi terjadinya kebangkrutan bisnis.

cara mencegah bisnis bangkrut

Berikut ini diberikan beberapa tips untuk mencegah terjadinya kebangkrutan bisnis yang Anda jalankan:


  1. Membuat perencanaan bisnis yang baik secara tertulis, meliputi tujuan Anda berbisnis, visi misi, analisa pasar, rencana marketing, analisa finansial, kemungkinan antisipasi jika ada banyak hal yang terjadi seperti pebisnis serupa yang menyajikan produk sama dengan Anda dan lain sebagainya. Perencanaan tertulis sangat penting agar Anda mampu menjalankan secara baik rencana bisnis Anda.
  2. Mempersiapkan usaha lainnya jika usaha saat ini sudah tidak diminati orang lagi. Usaha berbasis teknologi biasanya rentan mengalami hal ini karena perkembangan teknologi berkembang setiap waktu. Para pengusaha warnet yang dulu cukup laris manis, saat ini dengan adanya modem di setiap rumah menuntut para pebisnis warnet harus sigap mengganti bisnis dalam waktu cepat agar tidak mengalami kebangkrutan bisnis.
  3. Inovatif  dan kreatif dalam banyak hal seperti produk, pemasaran dan sebagainya. Monoton dalam berbisnis akan membuat Anda ketinggalan zaman dan pada akhirnya akan ditinggalkan oleh konsumen. Jadi sajikan sesuatu yang baru yang akan membuat konsumen selalu betah dengan produk bisnis Anda.

Banyak-banyak lah mencari pengalaman apa yang menjadi penyebab kebangkrutan bisnis seseorang dalam menjalankan usaha. Ini akan bisa menjadi pelajaran berharga untuk Anda. Anda bisa bertanya kepada sesama rekan bisnis, membaca buku atau membaca riwayat orang-orang besar yang pernah bangkrut lalu mereka bangkit kembali untuk meraih sukses.

Berikut ada beberapa hal yang harus anda hindari untuk mencegah kebangkrutan bisnis


  1. Yang pertama tidak sabar.  Pebisnis yang tidak sabar cenderung tidak telaten mengelola usahanya. Ketidak sabaran diakui oleh banyak pebisnis merupakan faktor  yang sering menjadi penyebab hancurnya bisnis. Yang kedua melupakan kepentingan usaha, dan mengutamakan kepentingan pribadi. Dan yang ketiga terjebak kredit macet. Gunakan kredit perbankan seluruhnya untuk kegiatan usaha, dan jangan untuk kegiatan konsumsi.
  2. Suka membeli barang yang tidak bermanfaat juga perlu dihindari, karena kebiasaan ini dapat menyebabkan keuangan perusahaan dalam keadaan bahaya. Anda jangan gampang tergoda promosi. Gunakan uang perusahaan untuk kepentingan perusahaan, banyak pelaku wirausaha yang baru tumbuh, selain memiliki kebiasaan membeli produk yang tidak ada manfaatnya juga gampang tergoda oleh rayuan promosi.

Usaha kos-kosan merupakan salah satu jenis usaha yang begitu menggiurkan. Tidak heran, banyak orang tertarik untuk menggelutinya. Keunggulan usaha kos-kosan ini, antara lain sebagai passive income. 
Jika dibandingkan dengan warung nasi bungkus yang biasanya buka dari siang hingga malam hari, usaha warung nasi kuning punya waktu operasi yang lebih pendek. 
Peluang Usaha Berjualan Sandal Imut. Berjualan sandal imut termasuk peluang usaha dengan modal kecil yang bisa Anda jalankan dengan modal mulai dari 5 juta.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

EnglishCafe.Co - Kursus Bahasa Inggris di Jogja Terbaik Paling Recommended

Selamat datang di Aan Web Blog ... kali ini saya ingin mereview sebuah lembaga kursus bahasa Inggris di Jogja , yaitu English Cafe. Namun...

Entri Populer

Follow by Email